Jumat, 11 Desember 2009

korelasi waktu

ketika bertemu dengan teman-teman masa sekolah dulu di sd smp dan sma, jadi teringat kejadian dan tingkah pola mereka dulu. dan kini sepertinya keadaan jauh berbeda. temen yg dulu dianggap pandai dan punya masa depan yang cerah, hidapnya biasa saja. ada teman yg dulu sangat tidak berpendidikan, ttp kini dia jadi pengajar. ada juga temen yg dulunya super nakal dan sngat tidk disukai semua orang, kini jadi pribadi yg menyenangkan. ada temen anak seorang ulama besar yg mungkin akan memimpin pesantren menggantikan bapaknya, eh ga taunya jadi agen asuransi dan mlm.

semua itu adalah rahasia yg telah Allah gariskan. tidak ada seseoranpun yg tahu besok akan terjadi apa dan sebagai apa dia. tetapi dari pengamatan singkat penulis, ini ada semacam korelasi antara masa yang dilalui seseorang dengan perannya di setiap masa itu. anak-anak yang punya atensi dan peran thdp kejadian ataupun kegiatan ini akan terus menaikin taraf citra dirinya di masa berikutnya, apapun peran dia itu ttp dari waktu kewaktu akan semakin lebih baik lg. dan bagi anak yg tidk peduli dg segala kejadian dilingkungannya di sekolah ataupun dirumah maka dia seperti katak dalam tempurung, kalaupun mungkin secara akademis dia punya kemampuan yg bagus.

1 komentar:

  1. makanya om,
    kita emang punya dunia kita sendiri,
    dan kita punya juga dunia dimana kita hidup disini.

    dunia yang dulu om paksakan dunianya nadia itu dunia akademis, kampus arsitektur, berkutat pada nilai, tugas, dan banyak lainnya.

    tapi nad bersikeras dunia nad itu termasuk organisasi, tulisan, buku-buku, dan itu yang membuat nadia lebih maju daripada teman-temanku yang hanya menekuni akademis.

    bagaimanapun nad hidup disini om,
    dan nadia harus bermanfaat buat dunia sebelum nadia mati.

    BalasHapus