Jumat, 04 Desember 2009

kesadaran intuitif

intuisi yang merupakan potensi tak terlihta pada diri manusia ternyata mempunyai pengaruh yang cukup kuat bagi kelangsungan dan kesuksesan manusia. boleh ditanya kepada orang-orang yang merasa dirinya tidak sukses atau yang merasa dirinya tidak bermanfaat bagi orang lain, ternyata berawal dari tingkat kesadaran intuisi yang rendah. mereka seakan hidup sendiri dan melihat segala persoalan orang lain dengan kaca mata sendiri.

lain halnya kalau kita bertanya kepada orang yang merasa hidupnya selalu bergairah dan bermanfaat buat banyak orang. mereka akan mengatakan bahwa hidup ini indah dengan bergaul kepada banyak orang dan menyelami kehidupannya. betapa indahnya ketika kita merasakan kenikmatan yang orang lain rasakan, kita akan benar-benar merasakannya dan membuat hati menjadi ikhlas. begitu juga betapa hati ini menangis manakala merasakan penderitaan orang lain.

nilai-nilai inilah yang selalu diajarkan oleh Islam. bagaimana manusia dapat bergaul dengan orang lain dengan sepenuh hati, dengan sungguh-sungguh dan mau berkorban. islam menganjurkan umatnya untuk saling mengasihi dan saling memberi kepada saudaranya, bahkan memberi terhdap barang yang paling disayanginya.

kesadaran intuitif ini sebisa mungkin selalu digunakan dalam pergaulan. bagaimana kita bisa benar-benar memahami kondisi orang lain itu dengan berupaya senantiasa berada dalam kondisi yang sama. kita benar-benar hadir (ada) dan melihat serta terlibat secara langsung dalam kejadian yang dialami orang lain baik dalam suka maupun duka. dengan begitu niscaya peran kita akan semakin berarti bagi orang lain. wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar